Penayangan iklan adsense di youtube apakah sama dengan di Blog
Kaimonia.com - Pada dasarnya penayangan iklan dari Google Adsense baik Di Blog/Situs, Youtube maupun di aplikasi adalah sama. Hitungannya tetap saja berdasarkan jumlah tayang maupun jumlah klik. Dari dahulu pengguna blog sudah menjamur terlebih dahulu kemudian datang Youtube, kenapa para pegiat di youtube justru lebih banyak dibandingkan dengan blog, apa penyebabnya?
Ketika anda membuat sebuah blog/situs maka konten yang ada dalam situs anda hanyalah apa yang anda buat sendiri, baik artikel terkait, artikel populer, artikel baru, dan artikel-artikel lain yang ada dalam situs anda. ini yang utama menjadi pembeda dengan Youtube.
Di Youtube, ketika ada pengunjung yang mencari sebuah video dengan keyword tertentu mungkin channel anda akan direkomendasikan untuk ditonton, dan ketika pengunjung ini menonton video anda, maka video orang lain akan muncul juga untuk direkomendasikan didalamnya. Dengan fitur inilah kemudian orang-orang yang mencari keyword tertentu memiliki banyak pilihan channel mana yang mungkin perlu untuk ditonton, meskipun tidak pernah ingin ditonton, namun di youtube juga ada fitur Play Otomatis yaitu akan diputarkan secara otomatis berurut ketika video yang sedang anda tonton sudah selesai.
Selain fitur-fitur bawaan dari Youtube tadi, pengguna di youtube juga bervariasi, ya, meskipun pengguna youtube tidak bisa membaca dia masih bisa menikmati layanan di dalam youtube karena bersifat visual Video, ini tentu menjadi nilai tambah jika dibandingkan dengan Blog/Situs. Dalam Youtube baik anak-anak hingga orang dewasa lebih banyak disana dibandingkan di situs/blog yang hanya menampilkan artikel bacaan saja.
Dari kejadian diatas sudah barang tentu jumlah pengunjung Youtube dan Blog/Situs jauh berbeda, nyatanya penayangan konten secara Visual lebih mudah dicerna oleh banyak kalangan dibandingkand engan suguhan artikle yang panjang lebar dan membosankan untuk dibaca. dengan semakin banyak pengunjung di Channel Youtube maka pendapatan pun jauh berbeda.
Semisal Channel dari Gadgetin yang banyak mengulas tentang spesifikasi perangkat selular, dalam penayangan visual Video dalam Youtube rasanya lebih mudah dan gampang dicerna dibandingkan dengan Penyajian Spesifikasi yang dia tayangkan di muat dalam sebuah artikel yang panjang lebar.
Secara hitungan Adsense baik Di youtube maupun di blog/situs sejatinya adalah sama. Dibayar berdasarkan jumlah tayang dan jumlah klik. Bedanya, Di youtube kemungkinan untuk banyak tayang lebih tinggi karena beberapa faktor yang sudah dijelaskan diatas. mudah dan hanya dalam bentuk tontonan.
Sementara Di blog/Situs justru memicu kebosanan karena bersifat bacaan artikel maupun visual gambar saja, sangat jauh dengan konsep youtube visual video dan audio. dan satu hal lagi yang paling dominan yaitu Negara Indonesia sudah masuk urutan atas Negara dengan masyarakat yang memiliki minat baca paling rendah berdasarkan data dari UNESCO. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!. Minat anak muda indonesia sekarang lebih ke Youtube, Tiktok, Bigo dan layanan video lainnya yang lebih ke arah Hiburan semata.