Blog di mata Robot Mesin Pencari, Divalidasi, Dicrawl, Diindex, Ditetapkan Kueri, Diranking.
Seorang pemilik web ataupun blog pasti sangat ingin agar semua artikel yang telah diposting akan di index oleh robot mesin pencari seperti GoogleBot. GoogleBot akan mengunjungi seluruh web yang ada di internet namun dengan beberapa kriteria perizinan seperti index, follow dan lain sebaginya.
Banyak tutorial metode yang digunakan agar web atau blog dapat di index oleh robot mesin pencari, mulai dari penerapan meta tag di kode HTML, penanaman link di dalam artikel postingan, menitipkan link di situs lain yang lebih populer, membuat artikel berkualitas, menjaga link keluar hanya yang berkualitas, mendaftarkan web atau blog ke google search console, penerapan Rss/Feed dan Sitemap, dan masih banyak lagi yang akan mempengaruhi halaman blog kita cepat tervalidasi. dan pada umumnya, penerapan metode seperti diatas terbukti blog/web akan cepat tervalidasi oleh robot mesin pencari.
Sayangnya, tidak serta merta halaman yang sudah tervalidasi langsung dapat di index oleh robot mesin pencari. tidak ada alasan yang lebih spesifik dari google kenapa hal seperti ini bisa terjadi, menurut pengamatan kaimonia.com terhadap kinerja robot mesin pencari terhadap blog ini dapat di kelompokan menjadi 4 tahap yaitu:
1. VALIDASI
Blog/web yang di validasi artinya blog/web tersebut sudah ditemukan oleh robot mesin pencari, namun belum secara spesifik ditelusuri. agar lebih mudah kita fahami kita asumsikan seperti berikut:
Dalam perjalanan (Searching) seseorang (robot) menemukan sebuah Box Barang (Artikel) yang dipacking (Link URL). Dia mengambil Box barang tersebut namun belum sempat membuka (Index) karena diperkirakan akan sedikit memakan waktu (Load), sementara masih ada tugas lain (situs populer) yang lebih di prioritaskan untuk dapat segera selesai dikerjakan (Index, Crawl) yang disebabkan oleh pentingnya tugas tersebut (ranking site tinggi). Olehnya Box barang tersebut masih disimpan untuk beberapa waktu hingga dianggap sudah perlu untuk dibuka (Index).
Dari asumsi diatas, kita dapat langsung faham bahwa meskipun blog/web telah ditemukan oleh robot mesin pencari nyatanya tidak langsung tayang di laman mesin pencarian. jika anda telah mendaftarkan blog/web anda ke google search console, anda dapat melihatnya di menu Index, Cakupan, Dikecualikan. Disini anda akan melihat beberapa link yang termasuk beberapa link artikel. Adapun salah satu jenis detail yang dapat anda pantau disana adalah "Ditemukan - Saat ini tidak di Index".
2. INDEX
Halaman yang telah di validasi atau telah ditemukan, selanjutnya akan dilakukan Indexing jika web/blog kita memberikan izin perayapan kepada robot mesin pencari dengan beberapa kode meta seperti Index,Follow,Snipet dan sebagainya. Jika sebuah halaman web/blog sudah dilakukan index oleh robot mesin pencari maka besar kemungkinan halaman blog/web anda sudah mulai ditayangkan di mesin pencarian. namun masih belum cukup maksimal, artinya belum di rayapi secara spesifik.
3. CRAWL
Halaman yang telah di index, selanjutnya akan di Crawl atau ditelusuri lebih jauh, apakah akan dilakukan kembali index lanjutan atau dihentikan. Mudahnya mari kita kembali asumsikan lagi seperti diatas,
Box barang (Link URL) yang sudah ditemukan tadi (Valid), sekarang sudah Dibuka (Index), Didalamnya ternyata terdapat beberapa box kecil lagi (link terkait). Box-box kecil tersebut dikenali dengan membaca informasinya di box (Crawl) yang ternyata hanya barang-barang biasa (link kolom komentar, link gambar, dll). olehnya box box kecil tersebut diabaikan dulu (dicrawl- tapi belum di index). Hanya barang yang tidak dipacking dalam box kecil yang dianggap lebih utama di baca dan dilihat (Dicrawl-Diindex). Setelah bagian Box besar ini dibuka kemudian dapat di kategorikan barang apa itu (Kueri).
Asumsi diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa, Sebuah halaman yang dicrawl masih akan dilakukan index kembali berdasarkan link-link terkait yang ada didalam, oleh karena hal ini maka halaman web sebaiknya menjaga link terkait baik internal dan eksternal adalah link yang berkualitas. jangan sampai link yang termuat adalah link yang tidak disukai oleh mesin pencari seperti link yang diarahkan ke situs berbahaya dan terlarang, atau link yang diarahkan tidak dapat dimuat atau tidak aktif.
4. KUERI
Kueri adalah penetapan kata kunci yang paling dominan dan relevan terhadap isi artikel. Kata kunci ini sifatnya unik berdasarkan inti dari isi artikel yang dikuatkan dengan Judul artikel dan Link URLnya. Keterkaitan dari ketiganya (Isi artikel, Judul, Link URL) biasanya menjadi salah satu metode SEO yang banyak diterapkan. Sebagai contoh kita buat seperti berikut:
Judul Post: Jenis-Jenis Robot Mesin Pencari
Link URL: www kaimonia com / Jenisjenis Robot Mesin Pencari
Isi Artikel: Pada Paragraf Awal, Tengah dan Akhir disisipkan pengulangan Kata Jenis-jenis robot mesin pencari
Dari penguatan kata tersebut, maka besar kemungkinan Kata yang dikueri adalah "Jenis Robot Mesin pencari".
5. RANKING
Setelah Sebuah Halaman Web/Blog sudah divalidasi, Diindeks, Dicrawl, Di tetapkan kata kunci (Kueri), selanjutnya adalah di buat ranking artikel. Adapun hal yang mempengaruhi ranking artikel adalah,
1. Isi artikel setidaknya memuat lebih dari 250 Kata.
2. Isi artikel belum pernah termuat pada web/blog lain
3. Isi artikel unik dan menarik dan banyak dicari
4. Isi artikel bukan spam
Dari kriteria diatas maka banyak yang merekomendasikan bahwa sebaiknya artikel disusun dengan baik dan mudah difahami serta disajikan dengan jelas. (tidak disarankan disajikan dengan singkat agar dapat memenuhi salah satu syarat yaitu memuat 250 kata).
Selanjutnya adalah artikel belum pernah termuat pada web/blog lain, inilah yang menjadi dasar rekomendasi membuat artikel yang original, jangan pernah menayangkan artikel hasil dari Copy/Paste di blog lain, memang anda akan dapat menayangkan artikel dengan cepat dengan modal copy/paste sayangnya metode ini dianggap buruk oleh mesin pencari dan memperburuk peringkat web/blog anda di hasil pencarian mesin pencari.
Sebuah artikel kutipan dari web/blog lain sebaiknya disajikan berbeda, jangan mengambil penuh artikel mereka (Copypaste) sajikan dengan cara unik seperti lebih merincikan (Detail) agar lebih lengkap dan jelas jika itu adalah artikel kutipan. tetapkan judul yang menarik dan paling banyak dicari serta judul tersebut belum tersedia di mesin pencarian.
Jangan melakukan spam, beberapa artikel yang dianggap spam adalah judul dan isi tidak sinkron, isi artikel hanya memuat kata yang tidak dapat difahami, berisi banyak pengulangan kata kunci yang dipaksakan, memuat banyak link-link liar yang tidak terkontrol. hindari ini, atau web/blog anda akan dianggap sampah oleh google bot.
Tidak ada penjelasan yang spesifik dari Pihak google bagaimana proses Validasi,Index,Crawl,dan Penetapan Kueri terhadap sebuah blog/web. penjelasan diatas hanya berdasarkan pada pemantauan di blog ini, bukan secara global. Jika penjelasan diatas keliru, mari kita sama-sama mencari referensi lain yang lebih relevan dan kiranya dapat di bagikan di kolom komentar agar kita dapat fahami bersama.